RSS

Hari yang sangat melelahkan lahir dan batin

30 Mar

Kemarin dapat undangan dari pusat untuk hadir pada pelatihan ejournal, klo dilihat dari suratnya kayaknya untuk persiapan penerapan karya ilmiah bagi para mahasiswa tingkat akhir, pengganti dari pembuatan skripsi dan juga sebagai syarat untuk kenaikan pangkat bagi para dosen. Meski sebelumnya juga pernah dilakukan pelatihan, mungkin sebagai refreshing saja, supaya tidak lupa dan tetap aktif untuk meng-onlinekan jurnalnya.

Bertempat di ICT Undip Tembalang, pelaksanaan ejournal berlangsung dari pagi hingga sore hari yang ternyata diikuti juga oleh wakil-wakil tiap fakultas. Pelatihan ini masih menggunakan aplikasi Online Journal System (OJS), dimana lebih mengarah supaya jurnal yang telah dibuat dan diterbitkan oleh masing-masing fakultas dapat di indeks di Google Scholar, DOAJ atau bisa sampai di SCOPUS.

Nah, ditengah-tengah serunya ngikutin instruktur dalam pengoperasian OJS dapat sms dari temen, klo website fakultas kena hack, waduh, mateng aku, secepat kilat gak bisa konsen. Saking paniknya, arahan instruktur gak aku gubris, dan aku langsung buka web fakultas untuk cek kebenarannya, dan ternyata setelah dibuka benar saja, ini screen shotnya :

Ya ampun, sempat gak percaya, lha kenapa bisa jadi sasaran hack, apa memang begitu populernya fakultasku, kayaknya ya ndak segitu amat klo dibanding kaskus, facebook, dll. Atau mungkin karena security yang lemah, campur aduk nih kepala. Gak pake lama, kemudian aku cek file-file web di Cpanel, bener saja, setelah di lihat di file index.php, sudah dirubah oleh yang ngehack dan juga ada file-file lainnya.

Untung juga kemarin sudah lakukan backup web, nah, ini yang aku lakukan :
1. Ganti file index.php yang sudah dipermak dengan yang orisinil
2. Ganti password Cpanel dengan karakter yang 100% strong
3. Set security khusus untuk folder administrator, sehingga ketika aku buka halaman admin akan diminta password 2 kali
4. Update joomla

Setelah otak-atik sekitar 1 jam, alhamdulillah sukses, ketika web fakultas aku refresh, bisa kembali normal, alhamdulillah. Sementara bisa lega, tapi sementara, karena baru bisa sebentar, lagi-lagi muncul error di halaman web, yakni ” Infinite loop detected in JError “, ya ampuuuuunnnn, opo lagi ….

Sambil lemes, terpaksa harus kerja extra lagi, cari bantuan ke mbah google. Klo dari penelusurannya, masalah ini terkait dengan : koneksi database yang bermasalah, server tidak support mysqli. Nah, teringat tadi kan ganti password Cpanel, tapi, klo tadi bermasalah dengan konseksinya, harusnya ketika aku refresh web yang pertama kali juga muncul masalah, tapi ini tidak. Coba opsi kedua, yakni soal mysqli, langsung saja di file configuration.php yang $dbtype aku ubah dari mysql ke mysqli, gagal juga. Pusing gak nemu-nemu solusi, padahal pelatihan juga sudah mau kelar, trus cari backup dari orang yang sudah ahli di bidang ini, dan ketemu dah caranya, yaitu : IMPORT ULANG DATABASE DENGAN USER & PASS YANG BARU. Alhamdulillah bisa.

Waduh, susahnya jadi orang IT, ternyata banyak sekali yang harus dipelajari, ampun-ampun. Hari itu aku lemes lahir batin, lemes karena beban pikiran yang begitu berat.

About these ads
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 30, 2012 in Komputer

 

One response to “Hari yang sangat melelahkan lahir dan batin

  1. caiyos

    Juli 13, 2012 at 1:10 pm

    inyong ra mudeng mas….. :P

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: