RSS

Si bohay Idaman – Karisma X

23 Mar

Akhirnya kesampaian juga ” mendadani ” si bohay, sudah kepengen lama si silver-blue mau di permak, tapi uang yang gak
kelar-kelar, hehehehe….

Ini tampang si bohay keluar dari pabrikan :

semua masih serba standard, velg, rem cakram depan, shock breaker, ma jok motor.

Rencana permak :
1. Velg racing ” Sora ” Rp. 350.000 satu set
2. Shock breaker ” Nicetech ” Rp. 275.000 satu set
3. Kulit jok motor Rp. 40.000
4. Cakram depan ” Taco Bell ” Rp. 200.000
5. Cakram belakang ” Nissin ” satu set Rp. 520.000 (asli dari HSX)
6. Begel penyangga box Rp. 70.000 (sudah bosen, aku copot)

Total permak = Rp. 1.455.000 (belum termasuk biaya pasang)

Lumayanlah, agak gaul dikit, meski striping masih orisinil. Yang rada repot waktu pasang cakram belakang, karena kudu bolak-
balik ke bengkel vareasinya. Dulu waktu beli tuh cakram belakang sudah komplit memang : kepala babi, pully, kabel rem,
kampas rem, master rem ma tempat oli (ini beli karena temen yang jual, klo yang baru dari dealer bisa jutaan kali).
Pernah juga ditawarin oleh bengkel vareasi, untuk set cakram belakang milik satria,
sebenarnya murah cuman Rp. 350.000’an sudah semua (barang + ongkos pasang), tapi aku masih rada2 ragu ama tuh merk.

Kronologinya :
1. Ketika pasang pertama, injakan pedal rem terlalu dalam banget, aku yang gak terbiasa pakai model dalam-dalam agak kerepotan juga,
trus aku bawa lagi si bohay ke bengkelnya, di tahap ini ada pembongkaran di
kepala babi dan dudukan oli rem, kata si mekanik, posisi oli tidak datar yang bisa menyebabkan masuknya udara ke kepala babi
sehingga posisi rem kudu dibuat datar, akhirnya oli rem ditambah ma tempat oli diikat pakai tali plastik, supaya tidak bergerak
lagi.

2. Trus dari bengkel aku reyen lagi, waw, sudah enak banget, pas dengan gaya ngerem aku. pas 3 hari setelah dari bengkel, motor
malah ngacau lagi, injakan rem jadi ngeloyor lari, malah ini lebih parah dari yang pertama, rem tidak berfungsi sama sekali.
Kacau nih, balik lg aku bawa ke bengkel, oleh mekanik dibongkarlah tuh kepala babi, oli yang ada di dalam dikuras, supaya
udara yang ada di dalam dapat keluar juga. Setelah dipasang, kembali oli dipompa sampai masuk ke kepala babi dengan cara,
injakan pedal rem di injak2 terus, akhirnya bisa juga, terpaksanya lagi, nambahin cairan olinya. walah.

Akhirnya setelah 3 kali bolak-balik ke bengkel terus, lancar juga neh cakram, keset ma pakem, klo diinjek mak nyuss, siip lah. Kata
si mekanik, memang susah masang cakram belakang klo motor aslinya pakai tromol diubah ke cakram, ribet di stelannya.

Rencana ke depan mau bikin si bohay ” monoshock ” hehehe … kayak si jupi MX, pernah juga iseng-iseng nanya ke mekaniknya,
katanya klo Karisma dibuat monoshock agak tidak enak dipakai, solanya dudukan pernya tidak bisa miring, bisanya lurus, padahal
untuk hasil yang optimal kudu posisinya miring, belum lagi kudu mangkas sana-sini, jadi eman-eman ma si bohay.


Sayang, bodinya gak mulus, banyak blaret sana-sini, lha klo dah sama bini ngajak ke pasar, mestinya bawa barang-barang blanjaan
dan dicantolin ke kanan kiri tebeng, duuuhh …

 
19 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 23, 2010 in Si bohay silver+blue

 

19 responses to “Si bohay Idaman – Karisma X

  1. logan

    Juni 9, 2010 at 7:40 am

    cakram tacobell oleh nengdi kang??

     
    • IntroducedMe

      Juni 12, 2010 at 5:55 am

      tuku ning Irvan Motor, 200rb utk cakram, 10rb untuk ongkos pasang, neng surabaya motor gak ada, adane merk PSM, Brembo.

       
  2. hiidey

    September 20, 2010 at 1:12 pm

    perSis,,si dempLon pNy aq juga ky giTu pAs dipaSang cakRam belakang,maLah samPe ng’Lock tuh piSton,,wah poKoke haMpir” fruStasi amPe dibalikin laGi ke tromoL,,tp akHer’y seteLah ngakaLin soNo-siNi biSa juGa tuh si dempLon pKe cakRam belaKang…

     
    • IntroducedMe

      September 21, 2010 at 1:21 am

      Klo untuk yg belakang gak brani pake imitasi, sebenarnya oleh bengkel variasi ditawari punya satria, murah banget, tapi alasan demi keselamatan cari yang orisinil punya honda, alhasil sampai sekarang tetep lancar ….

       
  3. heru rosikin

    November 3, 2010 at 10:14 pm

    bos kalo pasang rem cakram depan supra fit berapa? cos ane maoganti… punya ane tromol rem depannya? trimks

     
    • IntroducedMe

      November 4, 2010 at 2:16 am

      wah, ganti banyak bos …

      1. ruji Rp. 25.000
      2. shock tempat dudukan
      3. cakram 1 set klo yang merk bawah Rp. 150.000’an kayak punya satria
      4. biaya pasang

      kurang lebih Rp. 300.000-500.000

      saran aku, pakai cakram yang orisinil meski second, tapi klo orisinil kan lebih manteb, daripada yang abal-abalan … resiko bro ….

       
  4. Herry Surahman

    Mei 6, 2011 at 8:22 am

    Salam kenal Mas, aku juga punya Karisma X biru tahun 2005 yg modifan……..
    Semoga bisa share ilmu

     
    • IntroducedMe

      Mei 9, 2011 at 3:09 am

      Salam kenal balik mas, siip dah klo ada yg masih suka sama si bohay. bisa lihat pic’nya nggak?

      trims dah mampir…

       
  5. kasembon

    Mei 29, 2011 at 10:02 am

    mas, mau nanya..
    dudukan buat kepala babi itu pake pnya motor apa??
    saya jg pake karisma, udh di pasang rem cakram belakang
    cuman agak goyang kepala babinya, krn dudukannya itu hasil akal2an dr bengkel
    jd di kasih besi, trus di las gtu
    klo misalnya pake dudukannya pnya supra x 125 cocok gk?

     
    • IntroducedMe

      Mei 31, 2011 at 1:55 am

      Wah, utk rem kan vital mas, jangan yang asal2 BAHAYA …!!!!

      itu aku pakai punya supra x 125, tinggal pakai saja, lha wong dah pas …..

      mendingan ngalahin agak mahal tapi awet, nyaman dan aman, sayangi motor ma anda sendiri mas …

       
  6. Jumadriansyah

    Juni 23, 2011 at 11:27 am

    Ban nya di ganti mas Pake FDR ukuran 70-80,,,,dijamin tambah Sporty,,,,,,itu ukuran yang pas buat kharisma x

     
  7. G. Antonius Budi

    Februari 18, 2012 at 2:19 pm

    Masih aktif ga yah kang mas…???
    Mw tanya2 soale..

    Motorq sama Karisma. Mau didandanin nih kaya punya situ. Tapi Mau nambah cakram belakang ma ganti Velg Racing 1 set kira-kira abis berapa ya? Kalo ban tubeless ada saran ga yang ok?

    Mksih bnyak ya mas e… Sukses teruz

     
    • IntroducedMe

      Februari 28, 2012 at 5:14 am

      masih mas, hehehhe….. (walau gak sering2 cek)

      – Utk cakram belakang merk satria yg kepalanya warna merah, ditawari 450rb dah komplit, tp belum sama ongkos pasang. Klo yang ori keluaran AHM agak mahal mas, kurang lebih 700rb’an

      aku dapat itu sudah seken mas, asli dari Supra X125, aku tawar 478rb, ongkos pasang 30rb, sekali pasang belum tentu pas mas, jadi aku bolak-balik ke bengkel untuk ngepasin stelan sesuai yg aku inginkan. saran saya pakai yang asli mas, klo yg merk abal-abal malah khawatir, soalnya rem kan utama, pernah kejadian, rem malah ngunci, jadinya roda gak bisa berputar, kebayang kan susahnya. Klo pas putaran tinggi bisa berabe.

      – Utk velg racing murah, 1 pasang sekitar 400rb’an, tergantung mau pakai palang yang berapa, 6, 3 atau 5.

      _ Utk ban tubles aku belum tahu mas.

       
  8. acuy

    Juni 17, 2012 at 2:33 pm

    pasang cakram blakang habis brpa om dana’a?

     
    • IntroducedMe

      Juni 19, 2012 at 4:33 am

      kurang lebih 20ribu mas…

       
  9. dedet

    November 4, 2012 at 12:30 am

    gan itu pasang cakram ganti arm nya apa enggak ?

     
  10. erick

    Juli 29, 2015 at 3:58 pm

    Mas klo pasang swing arm cocok gak sama supra 125

     
  11. ridwan havivi

    November 2, 2015 at 1:40 am

    gan mau tanya ..
    pas ditambah cakram belakan
    itu swim arem diganti apa pake bawaanya nya sendiri..?

     
  12. Mul

    Oktober 4, 2016 at 7:03 am

    Bengkel modifnya daerah mana mas ?

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: