RSS

Merubah format tanggal DTPicker Vb 6.0

01 Apr

Waktu buat database pegawai, ada sedikit kesulitan dalam merubah format DTPicker, karena yang muncul pasti format tanggalnya kayak gini : 4/25/1980, meski di control properties sudah diset ke 25 April 1980, tapi tetep saja nggak ngaruh.

Klo set defaultnya ” bulan – hari – tahun ” padahal klo kita di Indonesia, kan biasanya ” hari – Bulan – tahun “, ntar di database juga bakalan kayak gini, trus dari database klo ditampilkan ke form vb lagi juga sama saja.

Ini  contoh defaultnya :

Nah, setelah ngalor-ngidul tanya2, ketemu dah sedikit cluenya (meski bulannya tetep pakai bhs. Inggris, ekekekek ….), lha
berikut aku kasih alur buatnya :

=======  BAHAN-BAHAN’nya  ==========

1. Siapkan 1 form

2. Tambahkan 2 label
– 1 label ganti caption menjadi ” Tanggal Lahir
– 1 label ganti caption dikosongi, ubah nama menjadi = lb_konversi

3. Tambahkan 1 DTPicker, gak usah diubah namanya, trus setting di Control Propertiesnya diubah kayak gini :

=======  WAKTUNYA CODING  ============

1. Pada Form_load, kasih code berikut :

2. Pada DTPicker, ubah actionnya ke Change

Nah, itu saja, simple kan, gak usah download source code’nya ya, lha wong sedikit saja. OK dah, sekian dulu, salam lewat.

 
19 Komentar

Ditulis oleh pada April 1, 2010 in Belajar Pemrograman

 

19 responses to “Merubah format tanggal DTPicker Vb 6.0

  1. muhidin

    Juni 3, 2010 at 10:26 am

    terimakasih banyak atas masukannya, masukan yang anda berikan sangat membantu kerja saya.lanjutkan kreatifitasmu. ok ,,,,,banget,,,,

     
    • IntroducedMe

      Juni 5, 2010 at 5:18 am

      sama-sama mas, thanks sudah mampir.

       
  2. Edi Sujono

    September 28, 2010 at 10:04 am

    Terima kasih mas atas informasinya. Saya akan coba diprogram aplikasi saya.

     
    • IntroducedMe

      September 29, 2010 at 1:28 am

      ok, silakan share di sini klo masih ada errornya.

      salam lewat

       
  3. abdul

    Februari 3, 2011 at 2:25 pm

    thanks y atas ilmu yang saudara berikan..moga bermanfaat. amin

     
    • IntroducedMe

      Februari 4, 2011 at 1:53 am

      sama-sama mas, senang jg bisa bermanfaat untuk jenengan ….

       
  4. saiful

    Mei 16, 2011 at 8:35 am

    Bos ane kan mau bikin setup aplkasi Vb.6 & Crystal Report tp error mulu,..Unexpected
    err0r 80,..saya dah baca postingan anda bosss,..mengenai error ini tp msh blm bs,..kira2 kmn bosss y,..minta tlng kasih solusinya y,..Via email jg g papa atau posting lg mengenai error ini yg lbh lengkap,..tengkyu Bosss y,..

     
  5. itank

    Juli 19, 2011 at 9:15 am

    tqs..bantuannya

     
  6. febri

    Agustus 3, 2011 at 3:25 am

    mas saya ada masalah di dt picker…saya udah mengikuti petunjuk dari mas tapi kenapa ya format bulan punya saya jadi 00….jadi pas form di load munculnya gini 3/00/2011..
    mohon petunjuknya..thx

     
    • IntroducedMe

      Agustus 4, 2011 at 1:09 am

      coba jangan klik dtpicker, klik form trus di properties ada format, nah pilih ” date ” kemudian di ubah ke format tanggal indonesia

       
    • febri

      Agustus 4, 2011 at 7:00 am

      Maaf mas ne masih nubie…sudah saya klik form tapi kok di properties gak ada format ya??bingung,hhe

       
  7. wisnuvb

    Agustus 26, 2011 at 2:52 pm

    mantap mas…

     
  8. befri

    Oktober 28, 2011 at 10:06 am

    mas saya munculin di dtpicker tapi tahun depan bukan tahun sekarangnya bisa nggak yah soalnya saya mau buat masa berlaku tapi secara otomatis dtpicker langsung berubah di tahun depan gimana yah

     
  9. lee

    Januari 23, 2012 at 3:34 am

    mas letak dtpicker dimana ya
    ada video tutorialnya gak?

     
  10. valens

    Juni 26, 2012 at 5:56 pm

    mas saya munculin dtpicker dengan format = dtptime (dtpicker1.format = dtptime) nah pas sya input dlm db kok munculnya “26:06:2012 23:00:00”, yang gw mau yang di simpan hanya “23:00:00” mohon perncerahan….

     
  11. Bens

    Juli 27, 2012 at 2:58 am

    thanks

     
  12. Koben Gitaris

    Juni 8, 2013 at 6:48 am

    gan,,, saya mau minta tolong untuk bisa menampilkan tampilan DTPicker1 secara otomatis dengan tanggal sekarang (update), bagaimana yah ?

    mohon banget bantuannya..

     
  13. chen yen

    Maret 25, 2015 at 2:51 am

    terimakasih ilmunya mas, bermanfaat banget (Y)

     

Tinggalkan Balasan

 
