RSS

UNDIP here i come …..

17 Des

Dengan mengucap ” Alhamdulillah hirobil alamin “, setelah berjuang selama 3 tahun, akhirnya lolos juga seleksi CPNS Kemendiknas Formasi Tahun 2010, perjuangan dan doa tanpa henti, telah membuahkan hasil yang mengembirakan, wouw… huya ….

Rasa-rasanya nggak nyangka bisa lolos, gimana tidak, profil para penantang yang sama-sama berjuang untuk jadi CPNS tidak sembarangan, dari mulai yang keliatan pinter banget (keliatan dari kacamata tebal), baju klimis dengan parfum, sepatu disemir, potongan rambut yang super cepak sampai yang rada cuek, pakai jeans, sepatu ket, baju dan celana gak macing blas (koq bisa ya), belum lagi yang cewek, wew, super keren-keren. Jadinya rada ciut juga liat saingan kayak gini, dalam hati, apa iya saya mampu mengalahkan mereka, dari 2 formasi yang dibutuhkan, yang daftar 400’an lebih, klo di itung-itung perbandingannya 1:200 orang, wuih, sadis tidak. Tempat yang aku lamar CPNS di Universitas Diponegoro (UNDIP) suatu kampus yang ternama di Jawa Tengah dan nasional, kira-kira klo bisa masuk disitu bisa gensi banget.

Ada 3 tahapan tes sebelum lolos sebagai CPNS, (1) tes teori dengan LJK komputer (2) setelah lolos tes dilanjutkan dengan tes komputer, nah dibagian ini aku pikir tesnya seperti mengerjakan soal dengan aplikasi office, eee… dlelalah … pemrograman, busyet dah, pakai bahasa C lagi, dengan ketentuan klo program error, nilainya 0, program tidak bisa dicompile, nilainya 0, padahal jarak antara pengumuman tes teori dengan tes praktik cuma 2 hari, wiw, semakin pesimis untuk lolos, tapi tetep nekad + berdoa dunk (3) wawancara, nah dibagian ini paling amburadul, isinya aku ngeyel terus sama orang yang mewancarai, setelah selesai aku rada nyesel sendiri, padahal sebelumnya sudah banyak baca referensi di internet soal ” sukses wawancara kerja “, harus rendah diri, jangan berbelit-belit, dll eee.. sampai hari H’nya malah kacau balau.

Setelah tes sampai pengumuman final kurang lebih 2 minggu, masa-masa yang strees banget, kepikiran terus, kenapa waktu tes tidak maksimal, bodoh…bodoh…bodoh… nyesel sendiri. Sampai pada hari pengumuman, waktu itu hari Sabtu, 27 November 2010, pas hari Jum’at malam, nggak bisa tidur, kepikiran terus, sampai pagi, belum juga mandi, trus ngacir ke warnet, ya ampun, belum ada pengumumannya, waktu itu jam 06.30 pagi, pulang lagi, trus jam 09.00 ke warnet lagi, ya ampun, belum ada pengumumannya, gila neh, mempermainkan perasaan orang yang sudah carut marut, buntet, dan jengkel terus, pulang lagi ke rumah. Aku sempat mutung, sudahlah gak sah dibawa hati, klo emang rejeki dari Yang Maha Kuasa, pastilah tidak akan kemana, pikirku. Sambil harap-harap cemas, iseng online via hp, waktu buka, sudah lama nunggu, trus muncul halaman ” no connection available ” keranjingan tenan, sial-sial …. dalam hati tambah dongkol, ampun… ampun… Trus nekad ke warnet, sambil deg-deg’an, rada merinding juga neh tangan, aku buka http://www.undip.ac.id, di halaman pertama muncul judul ” Pengumuman Lolos CPNS Kemendiknas Formasi Tahun 2010 “, dalam hati, amin, sudah ada, terus buka daftar, lhah… koq gak ada, sampai tak percaya tak ulang lagi, dari atas, tak turunin pelan-pelan, sampai mata pedes, karena monitor tabung terlalu terang, akhirnya ketemu, namaku ADAAAAAAA …… hidupppp…. hiduuuuuuuppppp…….

Nah, setelah dinyatakan lulus CPNS, waktunya pemberkasan, persyaratan antara lain :
1. Surat lamaran rangkap 3 (ditulis tangan dengan huruf latin, kayak di SD, klo tulisanku lebih mirip sebuah cakar ayam daripada sebuah tulisa, hehehe…. susah)

2. Mengisi Daftar Riwayat Hidup, rangkap 3

3. Meminta Surat Keterangan Sehat, Bebas Narkoba, Sehat Rohani, klo ini tidak boleh dari rumah sakit pemerintah sembarangan, karena wajib melampirkan tes urine’nya, nah, yang dirujuk adalah Rumah Sakit Karyadi Semarang, ini semua rangkap 3 dengan asli dan legalisir disertakan, biaya untuk ketiga surat tersebut kurang lebih Rp.650.000

4. Surat pernyataan tidak pernah dihukum dan terikat kontrak

5. Surat pernyataan mengganti biaya Rp. 50.000.000 apabila mengundurkan diri

6. Surat pernyataan kesanggupan untuk mentaati peraturan yang ada di UNDIP

7. SKCK rangkap 3, 1 asli, 2 legalisir

8. Ijazah + transkrip yang dilegalisir oleh Rektor/Dekan, rangkap 3

9. Foto hitam putih, 3×4 10 lembar, 4×6 1 lembar

Alhamdulillah, berkas-berkas tersebut dapat aku selesaikan dan aku kumpulkan sebelum deadline hari Senin, 6 Desember 2010. Moga-moga tidak ada masalah, dan menunggu SK CPNS pada bulan April 2011, busyet dah, lama sekali.

Bagi rekan-rekan yang belum ada kesempatan dan mau terus berjuang demi mendapat kursi PNS, dapat berlatih soal-soal yang sekiranya bisa membantu rekan-rekan semua. Terus berusaha dan jangan lupa berdoa, karena CPNS bukanlah untung-untungan, siapa yang mau berusaha pastilah bisa, tanpa pakai uang-uang segala.

DOWNLOAD LATIHAN SOAL CPNS DI SINI (GRATIS..TIS…TIS…)

PERCAYALAH ANDA BISA….. AYO SEMANGAT… SEMANGAT…. SEMANGAT …. UNDIP HERE I COMEEEEE…..

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 17, 2010 in Pengalaman Hidup

 

3 responses to “UNDIP here i come …..

  1. motorbreath

    Januari 17, 2011 at 2:07 am

    selamat pak … saya jadi inget masa2 kuliah di undip dulu … jaman repormasi masih rame-ramenya

     
    • IntroducedMe

      Januari 19, 2011 at 1:30 am

      Hehehe…. terima kasih, sukses juga buat anda ….

      salam …

       
  2. caiyos

    Juli 13, 2012 at 1:14 pm

    owalah wes mudheng-mudheng saiki, ngerti akau…. AlhamduLillah turut bahagia mas bro….🙂

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: