RSS

Pengadaan Server

20 Des

Ini kelanjutan dari realisasi ” Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta ” (PHP-PTS) yang kami terima, yakni pengadaan server. Seumur-umur baru kali ini lihat langsung ntuh server, karna selama ini cuman lihat saja di buku atau internet, maklumlah, harga 1 set server kelas medium bisa buat beli ” Kawasaki Ninja ” weleh2….

Ini speknya :
1. Intel Server Board S5500BCR, Dual Processor, DDR3
2. 2 x Intel Xeon E5506 (4MB Cache, 2.13 GHz, 4.80GT/s Intel QPI)
3. Rackmount Agile with redudant power supply, Hot Swap, 8 HD, 2U, 600W
4. 2 x 2GB DDR3 memory ECC Registered
5. Seagate ST3300888SS SAS 300 Gb SCSI
6. Kaspersky Antivirus (original)
7. Windows Server 2003 Standard (original 20 client)
8. 2 x 24 port switching 3Com
9. 2 x APC UPS

Nah, tahu berapa harganya untuk spek di atas? Rp. 43.850.000 (empat puluh tiga juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah) alaa… mak ….

Rencananya, kami mau buat system online untuk semua kegiatan perkuliahan, semisal : keuangan, akademik, penjaminan mutu serta PPMB, hanya saja, untuk system online saat ini kami masih pakai hostingan dari luar, itu saja hanya untuk website, coba kalau semua sudah serba online, kebutuhan penyimpanan data sudah harus lebih besar lagi. Mau tidak mau, kami kudu memiliki sendiri tempat penyimpanan sistem informasi beserta datanya, nah, tinggal 1 yang kurang, yaitu ” IP Public “.

Informasi lain tentang server :

Redudant power supply/ Array RAID

Salah satu fitur canggih yang tersedia di-end mesin tinggi (terutama server), tetapi juga tersedia untuk masyarakat umum bagi mereka yang bersedia membayar untuk itu, adalah power supply berlebihan. Pada dasarnya, ini adalah power supply yang benar-benar mencakup dua (atau lebih) unit di dalamnya, masing-masing yang mampu powering seluruh sistem dengan sendirinya.  Jika karena alasan tertentu ada kegagalan dalam salah satu unit, yang lain mulus akan mengambil alih untuk mencegah hilangnya daya ke PC. Anda dapat biasanya bahkan mengganti unit yang rusak tanpa mengambil mesin bawah. This is called hot swapping , and is an essential productivity backup for use in servers and other machines used by a number of people. Hal ini disebut swapping panas, dan merupakan cadangan produktivitas penting untuk digunakan di server dan mesin lain yang digunakan oleh sejumlah orang. Lebih jelas silakan lihat di sini

Hot swap

Ini adalah istilah untuk menambah/mengurangi perangkat hardisk tanpa harus mematikan server. Letaknya dibagian depan server, dan jumlahnya bisa beragam, tergantung dari tingkat servernya, ada yang 4, 6, 8 bahkan lebih. Slot jenis hardisk ini menggunakan kabel RAID, sehingga kita masih butuh card RAID yang terpasang di dalam boardnya.

Hot swapping digunakan setiap kali diinginkan untuk mengubah konfigurasi atau memperbaiki sistem kerja tanpa mengganggu operasi. Ini hanya mungkin untuk kenyamanan, untuk menghindari keterlambatan dan gangguan untuk menutup dan kemudian restart peralatan rumit, oleh karena itu adalah penting bahwa peralatan yang secara permanen tersedia.

Hot swapping dapat digunakan untuk menambah atau menghapus peripheral atau komponen, untuk memungkinkan perangkat untuk menyinkronkan data dengan komputer, dan untuk mengganti modul yang rusak tanpa mengganggu operasi peralatan. Peralatan dapat dirancang dengan redundansi sehingga dalam hal terjadi kegagalan komponen, bagian-bagian lain dari sistem menjalankan fungsi sementara komponen yang rusak akan dihapus dan pengganti tersambung. Sebagai contoh, komputer RAID array disk memungkinkan disk yang rusak untuk menjadi panas-ditukarkan dengan yang baru, yang baru dikonfigurasi untuk menjadi bagian dari array secara otomatis atau dengan perintah pengguna. Sebuah mesin mungkin memiliki dual pasokan listrik , masing-masing cukup untuk tenaga mesin, satu rusak bisa panas-bertukar.

Hot swapping juga dapat digunakan sebagai alat untuk menghindari langkah-langkah keamanan untuk mencegah eksekusi kode unsigned, contoh umum dari hal ini adalah panas menukar Microsoft Xbox Console drive keras. Lebih detail silakan lihat di sini.

Memory ECC Registered

ECC Registered merupakan satu fungsi RAM yang melakukan penanganan data dalam jumlah / kapasitas besar, seperti server. Registered dapat dianalogikan sebagai fungsi “power-steering” pada Mobil, dimana setir mobil terasa ringan walau putaran roda berputar berat. Registered biasanya mempunyai satu chips yang dipasang secara horizontal (melintang). Chip ini berfungsi sebagai registerered. Lebih lengkap bisa dilihat disini

Seagate 300GB SCSI SAS

Klo yang seri ini kita ambil yang Cheetah T10, tahu kan binatang cheetah yang larinya super kenceng, nah untuk seri ini kita ambil karena kecepatan putarnya sampai 16.000 RPM, bandingkan dengan serial ATA/SATA yang support hanya 7.200 RPM, jadi lebih kenceng. SAS = Serial Attached Scasi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 20, 2010 in Komputer

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: