RSS

Membuat Flashdisk Booting Linux

10 Nov

Beberapa waktu lalu, fakultas tempat aku kerja dapat undangan dari NOC (network operation centre) Undip, untuk mengikuti pelatihan FOSS (free open source system) di gedung ICT Jl. Prof. Soedarto, SH. Dalam benak saya sebelum berangkat ikut latihan adalah paling-paling yang diajarkan hanya sebatas instalasi, penggunaan beberapa aplikasi, setting jaringan.

Yup, gak salah lagi, sudah seperti prediksi sebelumnya, tapi yaa… lumayanlah buat refreshing soal linux, karna dah lama gak pake. Berbekal dapat flashdisk 4GB dan Ubuntu 11.10 mulailah pelatihannya, nah, dalam sesi instalasi ke USB, rasa-rasanya ada yang kurang, tutornya mengajarkan untuk membuat booting lewat USB harus masuk ke ubuntu dahulu trus cari menu ” make startup disk “, sebenarnya gak salah, betul memang salah satu cara untuk buat bootable USB pakai itu, tapi lihat saja prosesnya, bisa makan waktu > 15 menit.

Nah, daripada nunggu antri buat startup disk yang makan waktu lama, mendingan goongling saja untuk cari cara yang simple dan gak pake lama, akhirnya ketemu, gini caranya :

1. Cari program ” Universtal USB Installer 1.8.6.8 Setup

2. Klo dah ketemu jalanin saja, file kecil dan tidak perlu diinstall terlebih dahulu

3. Berikut langkah-langkahnya :


a. Tentukan terlebih dahulu distro linux yang hendak di install
b. Tentukan lokasi tempat ISO linuxnya
c. Tentukan lokasi drive USB’nya
d. Klik tombol Next

Sebelum selesai, jangan lupa set booting awal ke USB/Removeable device.

Makasih sebelumnya buat NOC UNDIP, smoga kedepan bukan sekedar pelatihan tapi benar-benar diterapkan pada masing-masing fakultas, untuk menjadi universitas percontohan dalam penerapan HAKI, maju terus UNDIP.

Dan pastilah tutorial ini sudah banyak yang bahas, wkwkwkwkkw…… gpp ….. piss…..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 10, 2011 in Komputer

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: