RSS

Review Jaringan Universitas Diponegoro

17 Jul

Image2 hari ini ikut pelatihan efektivitas jaringan di Banaran – Bawen, kegiatan yang diikuti oleh seluruh unit dan fakultas di lingkungan Universitas Diponegoro sangat seru suasanya, jauh dari bayangan semula. Bagaimana tidak bergelut dengan teknik jaringan bikin puyeng kepala belum lagi tugas-tugas lain. Saking banyaknya para senior yang kumpul tentu saja banyak juga ilmu yang bisa dishare, hanya saja semakin banyak ilmu koq ya semakin bikin panas jidad, hehehehe…..

Acara lebih banyak diisi dengan diskusi, masing-masing unit saling presentasi tentang jaringannya, apabila ada kendala bisa dishare dan mendapat jawaban langsung, hanya saja kendala yang paling sering mengemuka, bukan hanya SDM di bidang jaringan, tapi lebih banyak ke soal keuangan. Namanya juga barang elektronik yang always on dan terakses terus setiap saat, sudah barang tentu umurnya juga tidaklah bisa panjang. Apabila ingin pengadaan perangkat yang bagus tapi terkendala alokasi keuangan yang tidak mencukupi belum lagi kebijakan atasan yang kadang tidak mendukung untuk masalah IT. Klo menggunakan barang seadanya gampang bermasalah dan seringkali dikomplain, baik oleh mahasiswa ataupun dari karyawan dan dosen.

Seperti buah simalakamang saja, yaaa… namanya juga ” ngerumat ” uang negara dan orang banyak tidaklah segampang yang dikira. Yang penting jalan saja. Nah utk spek di fak. Psikologi Undip kayak gini :

– Cisco L2 2960 TC-L = 1 buah
– Cisco L2 2960 TC-S = 2 buah
– Mikrotik indoor RB33AH 2 antena = 6 buah
– FO
– Dlink, Linksys, enGenius = masing-masing 3 buah
– APC = 2 buah
– Server 2 = SIM Perpus dan Mini hosting
– Vlan = 10

Kesemua komponen di atas untuk mengcover 1.090 mahasiswa dan 120 dosen+pegawai. Klo dilihat waktu peak antara jam kerja, kira-kira transfer rate bisa di atas 500kbps, dengan asumsi pada waktu jam kerja ada +/- 150 orang yang akses bersamaan. Sudah lumayan seh.

Untuk keamanan :
1. jaringan di fakultas dibedakan menjadi 3 level, mahasiswa, dosen+pimpinan, karyawan. Untuk bandwith di karyawan lebih besar dari yang lain, soalnya di level ini ada operator-operator yang wajib mengisikan data secara online/realtime, misalnya : SIA, BKD, SIMAK BMN, Persediaan, Lelang, dll. Untuk level dosen dan pimpinan juga aku proteksi dengan password, supaya tidak bisa diakses oleh selain level tersebut.

2. Aku batasi juga untuk limit donlodnya, supaya tidak mubazir hanya untuk donlod film-film/lagu. Ampun dah ngerasain mahasiswa, trafic bandwitnya langsung tinggi.

3. Untuk akses jaringan harus menggunakan user/pass yang sudah terhubung dengan database pusat, sehingga apabila orang luar mau akses jaringan internet, bakalan gagal, terkecuali klo pinjem account mahasiswa, hahahaha…..

Semoga kedepan masih ada lagi kegiatan ini, asyik juga ternyata. dan juga bisa bermanfaat bagi civitas di fakultas Psikologi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 17, 2012 in Jaringan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: